Jumat, Februari 13, 2009

UNPAS DEPLU DAN DINAS PENDIDIKAN JABAR MENYELENGGARAKAN SOSIALISASI ASEAN CARTER DAN SIMULASI SIDANG SEOM 2009

Sebagai bagian dari tugas mulia yang di emban oleh lembaga pendidikan, Universitas Pasundan (Unpas) Bandung Jurusan Ilmu Hubungan Internasional muncul sebagai Salah Satu Universitas di Indonesia yang mampu menjawab tantangan akan kebekuan informasi mengenai perkembangan Organisasi Regional di Kawasan Asia Tenggara (ASEAN) kepada masyarakat Indonesia. Hal itu dibuktikan dengan penyelenggaraan kegiatan bertema Sosialisasi ASEAN Charter dan Lomba Simulasi Sidang SEOM (Senior Economic Official Meeting) 2009 pada tanggal, 9 Ferbruari 2009 di Gedung Merdeka yang merupakan museum Bersejarah jalan Asia Afrika Bandung-Jawa Barat.
Hal itu merupakan satu terobosan besar, mengingat kegiatan tersebut merupakan bagian dari Sosialisasi guna memberikan pemahaman terhadap masyarakat akan Free Trade Agreement yang telah di sepakati mengenai perdangan Bebas di kawasan Asia Tenggara, tetapi juga sekali gus memberikan pemahaman kepada siswa SMA/SMK se Jawa Barat mengenai situasi Persidangan yang sering dilakukan oleh negara-negara ASEAN. Harapannya, para siswa dapat memahami situasi persidangan secara langsung, sekaligus mempraktekan kemampuan bahasa Inggris yang dimiliki karena telah terlibat secara langsung.
Selain itu diharapkan masyarakat dapat memahami perkembangan-perkembangan terbaru yang terjadi di kawasan Asia Tenggara. Sebab sejauh ini ASEAN terus mengalami perkembangan-perkembangan yang sangat penting, termasuk kerjasama dengan negara-negara yang berdekatan dengan ASEAN. misalnya yang disebut dengan ASEAN, Australia-New Zealand Free Trade Agreement serta berbagai kerjasama yang terus berlangsung.
Dengan tingkat pemahaman yang baik tentang ASEAN, diharapkan pula masyarakat dapat menyongsong masa depan perkembangan perekonomian di kawasan ini dengan lebih baik.
Sosialisasi tersebut merupakan cara yang tapat dalam mendidik generasi mudah agar dapat menjadi generasi yang kompetitif dalam menghadapi persaingan global.
Yang tidak kala pentingnya adalah bahwa kegiatan tersebut menjadi cermin bagi negara anggota ASEAN lain bagaimana cara mensosialisasikan ASEAN Carter (piagam ASEAN)kepada masyarakat di kawasan Asia Tenggaara. Patut diakui bahwa Indonesia menjadi pioner dalam mensosialisasikan perkembangan-perkembangan ASEAN. Mengingat kegiatan Sosialisasi ASEAN Carter dan Lomba Simulasi Sidang SEOMmerupakan kegiatan yang di Prakarsai atas kerjasama Universitas Pasundan Bandung, Departemen Luar Negeri Indonesia dan Dinas Pendidikan Jawa Barat.

1 komentar: