Selasa, Januari 20, 2009

DISKUSI DAN TRANSFER PENGETAHUAN

Banyak mahasiswa yang tertarik dengan diskusi, namun tidak sedikit pula yang menghindari diskusi. Sangat banyak alasan, yang seolah merupakan pembenaran dari tujuan menghindari diskusi. Mereka yang merasa bahwa diskusi merupakan bagian yang penting bagi penambahan perbendaharaan ilmu pengetahuan akan tetap senang untuk melakukan diskusi. sehingga walaupun ada jadwal yang padat, mereka benderung membagi waktu seefektif mungkin. pada akhirnya, mereka menerima output yang cukup baik.
Berbeda dengan mereka yang merencanakan kegiatan atau sarana hiburan lain. Kelompok atau mereka yang cebderung masuk dalam kategori ini berpikir bahwa segala hal merupakan hal yang sangat mudah untuk diperoleh. termasuk nilai-nilai sekalipun. Hasilnya outpun yang dihasilkan kurang memusakan.
Menurut hemat saya, diskusi merupakan bagian yang sangat penting dalam penelusuran sebuah konsep yang dapat memperluas sebuah paradigma berpikir. Namun siskusi tersebut nampaknya hanya akan menjadi diskusi yang kurang produktif jika tidak sering dilakukan. Terutama melibatkan mereka yang memiliki kemampuan dalam bidangnya. Sebagai Mahasiswa Hubungan Internasional yang memandang bahwa perpolitikan Global tidak akan seru jika hanya aktor states yang memainkan perannya, maka Non State actor merupakan pelaku yang tidak dapat dilapaskan dari koridor hubungan antar subjek hubungan internasional.
Untuk mengkaji hal semacam ini, maka digunakanlah diskusi sebagai bagian penting dari penelusuran informasi. itulah pentingnya melibatkan pihak-pihak terkait, misalnya Dosen Hubungan internasional serta beberapa pakar yang mampu dalam bidangnya. Harapanya pemahaman tidak menjadi bias.

1 komentar:

  1. amolee.....nimoume....
    bro ko pu blog jg memberikan inspirasi tuk saya.....harus demikian. mantaps dn mat berjuang

    BalasHapus